Senin, 04 April 2016

Rasa Pahit Pada Tanaman Lettuce

Bitter Lettuce

Banyak sekali jenis-jenis lettuce, dan lettuce adalah salah satu jenis sayuran yang sangat umum, banyak disukai. Tanaman yang sebenarnya tanaman interlokal. Sebagian orang pasti pernah dong makan sayuran ini? Pada saat mencicipi terasa pahit serta getas. Apa yang menyebabkan sayuran ini terasa pahit?

Faktor Penyebab Rasa Pahit Pada Lettuce

Kita harus paham terlebih dahulu, bahwa lettuce adalah tanaman yang tumbuh subur didaerah yang sejuk. Wah, kalo di Bandung sih adem banget...

Apabila cuaca terik matahari selama beberapa hari berturut-turut, tanaman ini akan terpicu secara alami dan akan memproduksi tangkai dan mulai berbunga. Dari proses ini menyebabkan batangnya mengeras dan daunnya terasa pahit. Ngga cuma ini kok penyebabnya.

Faktor lain adalah kekurangan air. Daun lettuce yang lebar dan besar, memerlukan cukup air agar daunnya tetap renyah dan rasanya manis. Seringkali kita melihat tepian pada daun lettuce kuning, nah itu salah satu penyebab kekurangan air.

Pemberian nutrisi pada tanaman juga bisa menjadi penyebabnya. Pertumbuhan daun pada tanaman sangat pesat membutuhkan nutrisi yang berkecukupan, ya artinya tidak berlebihan / kurang dalam memberi nutrisinya. Pertumbuhan yang terhambat menyebabkan tanaman menjadi kerdil apabila pemberian nutrisi tidak sesuai, hal ini menimbulkan rasa pahit pada lettuce. Beberapa penelitian juga telah menemukan, bahwa pahitnya lettuce disebabkan kebanyakan unsur nitrogen (N).

Penyakit aster yellows adalah sejenis penyakit yang menyebabkan timbulnya rasa pahit pada lettuce. Gejala penyakit adalah bagian dalam tampak pudar dan memucat, sedangkan pertumbuhan daun bagian luarnya kerdil. 

Mencegah dan Menghilangkan Rasa Pahit Pada Lettuce

Apabila kita menanamnya menggunakan media tanah, lindungi area sekitar akar menggunakan mulsaBila unsur nitrogen penyebab timbulnya rasa pahit, maka tambahkan abu kayu. 
Sebelum menyajikan, petik daun lettuce, kemudian rendam dengan air dingin dan tambahkan baking soda atau garam selam 10 menit, angkat, bilas dengan air dingin, rendam sekali lagi selama beberapa saat sebelum dikonsumsi. 




0 komentar:

Posting Komentar